Tips meng upgrade RAM laptop

Posted on

RAM adalah salah satu komponen komputer yang sangat pnting, RAM singkatan dari Random Access Memory memiliki fungsi sebagai penyimpan data sementara. Jadi, ketika laptop dimatikan, data yang disimpan dalam RAM akan otomatis hilang.

RAM berbeda dari hard drive yang dapat menyimpan data secara permanen. Selain itu, RAM juga berperan dalam meningkatkan kinerja laptop atau komputer perangkat Anda. Semakin besar kapasitas RAM, kinerja yang lebih baik dari komputer.

Dilansir dari omah-download.blogspot.com , berikut beberapa tips nya :

1. Disesuaikan dengan kebutuhan
Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum upgrade RAM Laptop adalah mengetahui kebutuhan Anda. Misalnya, untuk mengedit video, minimum yang diperlukan RAM 8GB. RAM yang tidak akan membuat ngelag laptop saat digunakan untuk mengedit video. Tapi, berapa kapasitas akan ditambahkan, Anda sendirian menentukan.

Perlu diingat, bahwa jangan terburu-buru untuk meng-upgrade RAM Laptop sebelum mengkonfirmasi kebutuhan untuk mendukung kegiatan Anda. Sebab, tak sedikit orang yang ingin mendapatkan kinerja yang lebih dan meng-upgrade RAM dengan kapasitas yang sangat besar.

Jika tidak yang sesuai, kapasitas RAM tidak akan digunakan. Demikian pula, upgrade RAM berkapasitas kecil, itu tidak akan memberikan efek pada kinerja laptop Anda.

 

2. Perhatikan sistem operasi yang terpasang
Perhatikan jika laptop Anda menggunakan sistem operasi 32-bit atau 64-bit. Perbedaan mendasar antara keduanya adalah jumlah kapasitas register yang dapat ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam perhitungan tunggal. Tentu saja sistem operasi dengan arsitektur 64-bit memiliki sejumlah menangani lebih dari 32-bit.

Sebagai contoh, pada 32-bit Windows 10 yang memiliki batas memori 4GB. Ketika Anda meng-upgrade RAM dengan kapasitas lebih dari itu, yang dibaca hanya 4GB. Hal itu disampaikan dalam tips sebelumnya. Seperti untuk Windows 10 64-bit, bisa mencapai 128GB.

 

3. Jenis RAM
Tahu yang terbaik RAM Laptop jenis memori yang digunakan sebelum upgrade. Outline kecil Dual Inline Memory Module atau RAM SODIMM digunakan dalam laptop, sementara Dual Inline Memory Module atau DIMM biasanya digunakan pada PC.

Contoh SODIMM DDR3 8GB PC-12800 (800 MHz). DDR3 menunjukkan jenis RAM yang digunakan, kapasitas RAM dan 8GB PC3-12800 (800 MHz) menunjukkan jenis memori yang memiliki kecepatan 800 MHz.

 

4. Frekuensi RAM
Ketika mereka ingin meng-upgrade RAM Laptop, perhatikan frekuensi RAM di laptop Anda. Jika jenis standar DDR3 PC3-10700 RAM (667MHz) RAM yang diupgrade menjadi sama atau identik. Karena jika tidak cocok, RAM baru akan mengikuti RAM bawaan laptop.

Misalnya, default RAM laptop dengan tipe yang telah disebutkan ditingkatkan dengan jenis RAM baru DDR PC3-12800 (800 MHz). RAM baru akan mengikuti frekuensi RAM default dan dapat menyebabkan kecepatan RAM menjadi lebih kecil.

 

5. Tanyakan para ahli
Jika masih ragu untuk berapa banyak dan bagaimana untuk meng-upgrade RAM yang baik untuk memiliki dampak pada kinerja laptop, Anda dapat meminta seorang teman atau orang yang ahli di bidang teknologi. Hal ini dapat menghindari Anda satu langkah di upgrade RAM.

Misalnya, RAM diupgrade dengan kapasitas yang sangat besar. RAM tidak bisa sepenuhnya terbaca karena setiap laptop memiliki kapasitas penggunaan RAM. Jadi, terbaca hanya kapasitas RAM maksimum pada laptop Anda, sementara yang lain akan sia-sia.

Dengan RAM berkapasitas besar, Anda dapat menggunakan laptop untuk menyelesaikan berbagai tugas, seperti mengedit video, menonton film, bermain game dan banyak lagi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meng-upgrade RAM Laptop dalam rangka meningkatkan kinerja laptop Anda.

 

Tips Upgrade RAM Laptop

Mengingat pentingnya RAM untuk meningkatkan kinerja laptop, banyak orang yang melakukan upgrade. Tapi, untuk meng-upgrade RAM Laptop tidak boleh sewenang-wenang. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *