banyu panas gempol palimanan nalatra.com

Wisata seru ke Banyu Panas Gempol Cirebon

Posted on

Apakah anda ingin rehat sejenak memanjakan diri sekaligus lari sebentar dari aktifitas rutin? Badan dan otak memang perlu mendapatkan istirahat agar terus bisa tampil prima. Aktifitas santai seperti liburan dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Jangan abaikan hal ini agar anda bisa terus fit menjalani rutinitas secara prima.

banyu panas gempol palimanan nalatra.com

Bagi warga cirebon dan sekitarnya kini ada destinasi wisata yang mampu memanjakan tubuh lewat aktifititas berendam di air hangat. Tempat ini telah populer di social media dan banyak juga didatangi pengunjung baik warga cirebon ataupun tamu luar kota.

Untuk pengunjung yang datang dari jabodetabek biasanya menggunakan layanan travel jakarta cirebon dari agen langganan mereka. namun bagi warga lokal tempa ini cukup dekat untuk didatangi.

Lokasi atau destinasi tersebut dikenal dengan Banyu Panas Gempol Palimanan. Posisinya berada di Jl. Raya Cirebon – Bandung, Palimanan, Kec. Gempol, Cirebon. Tempa ini mengambil lokasi diantara bukit-bukit hijau dan lembah di areal Pegunungan Batu Kapur Kromong.

Asal Usul Banyu Panas Gempol

Dari informasi yang kami himpun, Banyu Panas ini pertama kali ditemukan pada tahun 2008. Saat itu, PT. Indocement yang memiliki izin penambangan disekitar lokasi sedang melakukan aktifitas tambang sebagaimana biasanya. Saat sedang melakukan penggalian tanah, tanpa disengaja keluar air yang berwarna kebiruan. Tempat ini banyak orang menyebutnya sebagai telaga Biru.

Hasil penggalian yang dilakukan oleh PT Indocement itu lantas menjadi sebuah keunikan dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karenanya, dengan menggandeng dinas pariwisata pemerintah cirebon dihasilkan keputusan untuk menjadikan lokasi penggalian sebagai objek wisata pemandian air panas.

Selayang pandang Banyu Panas Gempol

Untuk anda yang akan pergi mengunjungi objek wisata Banyu Panas, tempat ini mulai beroperasi pada jam 08.00 wib dan tutup pada jam 18.00 wib. Untuk masuk ke tempat ini, setiap pengunjung harus membayar uang tiket sebesar Rp 4.000 (empat ribu rupiah). Jika anda ingin berendam di banyu panas, siapkan uang receh Rp 7.000 (tujuh ribu rupiah) untuk bisa mandi dan merasakan sensasi air panas tersebut.

Sambil menikmati berendam di air panas, wisatawan dapat menikmati pemandangan bukit hijau yang sangat memanjakan pandangan mata. Sarana umum di Banyu Panas Gempol seperti kamar basuh, toilet, dan masjid.

Melalui proses panjang pengujian, hasil uji lab menyatakan bawha air di banyu panas ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung zat belerang yang tinggi. Bagi anda yang tidak suka bau berlerang tempat ini tidak kami rekomendasikan. kandungan belerang di tempat ini memimbulkan bau yang menyengat. Meskipun demikian belerang ditempat ini mempunyai faedah untuk beberapa permasalahan kulit, seperti jerawat, jamur, kudis, dan sebagainya. Disamping itu, belerang berguna untuk kecantikan sebab dapat membantu mengurangi masalah ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *